Pengertian Psikologi

Pada umumnya kalo ngomongin pengertian pasti dimulai dari asal katanya dulu, PSIKOLOGI  berasal  dari bahasa  yunani jadul  "ψυχή" (Psychē yang berarti jiwa) dan "-λογία" (-logia/logos  yang artinya ilmu) jadi psikologi berarti ilmu tentang jiwa.

Ilmu tentang jiwa? 
Jadi bisa baca orang dong? -emang buku...,, dibaca

Standar ilmu pengetahuan harus konkret dan dapat dibuktikan atau diukur, sedangkan objek kajian psikologi berdasarkan pengertian diatas yaitu "jiwa" sangat abstrak dan sulit untuk diukur. 

Maka dari itu psikologi sering didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari perilaku manusia dan binatang baik yang dapat dilihat secara langsung maupun yang tidak dapat dilihat secara langsung, serta kemaslahatannya untuk kepentingan manusia.

Kata binatang dari definisi diatas juga banyak menuai kontroversi, banyak yang berpendapat bahwa perilaku binatang sangat beda dari manusia, sehingga hasil dari mengamati perilaku binatang tidak bisa diterapkan pada manusia.
contohnya seperti, pada musim kawin binantang jantan bila bertemu binatang wanita akan langsung dikejar kejar dan kawin ditempat umum

Manusia tidak begitu, ada proses dalam mengambil keputusan, binatang tidak.
(tapi sekarang banyak juga ya, manusia seperti binatang)





Saya lebih suka dengan psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku dan proses mental pada manusia.
Penjelasannya singkat padat dan tidak berisi.


Share:

0 komentar:

Post a Comment