5 DEFINISI " PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT (PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI) " MENURUT PARA AHLI

1. Rhoades dan Eisenberger

Rhoades dan Eisenberger (2002) mendefinisikan persepsi dukungan organisasi adalah persepsi karyawan mengenai sejauh mana organisasi menilai kontribusi, memberi dukungan, dan peduli pada kesejahteraan mereka.


2. Robbins

Menurut  Robbins  (2008),  persepsi  dukungan  organisasi  adalah  tingkat  sampai mana  karyawan  yakin  organisasi  menghargai  kontribusi  mereka  dan  peduli  dengan kesejahteraan  mereka.


3. Eisenberger, dkk

Eisenberger, Armeli, Rexwinkel, Lynch, dan Linda (2001) menyatakan persepsi dukungan organisasi adalah pengalaman mengenai niat baik ataupun buruk dari suatu kebijakan organisasi, norma, prosedur, dan tidakan karena hal itu mempengaruhi karyawan.


4. Allen

Allen et al., (2003) juga mendefinisikan bahwa dukungan organisasi sebagai suatu keyakinan global karyawan terhadap organisasi tentang seberapa besar organisasi menghargai kontribusi dan peduli terhadap kesejahteraannya.


5. Shore and Tetrik 

Shore and Tetrik (1990) mengungkapkan bahwa dukungan organisasi adalah persepsi seseorang terhadap komitmen mereka pada organisasi tersebut dan kepedulian organisasi terhadap kesejahteraan mereka, yang dapat menimbulkan komitmen karyawan untuk tetap setia bekerja pada organisasi tersebut.
Share:

0 komentar:

Post a Comment